Monday, July 10, 2017

Persatuan Diatas Perbedaan



Perbedaan bukan suatu permasalahan bagi kita semua untuk tetap bersatu. Untuk dapat bersatu kita harus mempunyai pedoman untuk menyamakan perbedaan tersebut. Banyaknya keberagaman suku dan budaya dalam negara merupakan salah satu sumber penyebab terjadinya konfilik dalam suatu negara.
Indonesia sendiri yang kaya akan keberagaman suku dan budaya. Indonesia memang negara yang mempunyai keberagaman suku dan budaya. Dalam hal ini, sudah tentunya masyarakat Indonesia mempunyai pandangan yang berbeda dengan suku yang lain. Tidak mudah untuk mempersatukan negara yang mempunyai keberagaman agama. Akan tetapi, rakyat Indonesia bisa menunjukan kepada dunia, meskipun indonesia mempunyai keberagaman suku dan budaya mereka semua bisa hidup dengan damai. Misalnya saja indonesia mempunyai 6 agama yang dianut. Akan tetapi, keenam pemeluk agam tersebut bisa menunjukan sikap toleransi mereka. Berbeda dengan negara ditimur tengah. Yang sekarang perang dimana-mana.
Indonesia mempunyai semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan tersebut menggambarkan keberagaman suku dan budaya yangada di Indonesia. Semboyan Bhineka Tunggal Ika memang menjadi sangat penting ditengah bergamnya suku dan budaya Indonesia. Sebuah ungkapan yang terdiri dari 3 kata yang pada kenyataannya dapat menyatukan perbedan dan keberagaman negara Indonesia.
Bhineka Tunggal Ika sebagai alat pemersatu. Untuk itu kita harus berpegang teguh kepada semboyan tersebut. Apa cukup Bhineka Tunggal Ika saja alat untuk pemersatu. Tentunya tidak. Ada banyak alat pemersatu yang lain, diantarannya :
1.      Dasar Negara Pancasila
2.      Bendera Merah Putih sebagai bendera kebangsaan
3.      Bahasa Indonesia menjadi bahasa Nasional
4.      Lambang negara burung garuda
5.      Lagu kebangsaan Indonesia Raya
6.      Lagu-lagu perjuangan


Sudah terbukti jika Pancasila juga merupakan alat pemersatu. Nilai-nilai yang terkandung didalamnya menunjukan bagaimana kita menghadapi perbedaan itu. Selain itu Bahasa Indonesia, meskipun indonesia mempunyai banyak perbedaan bahasa dengan suku daerah lain, mereka tetap menggunkan Bahasa Indonesia jika berkomunikasi dengan suku yang berbeda bahasa tersebut.
Keharmonisan rakyat Indonesia memang harus dilestarikan ditengah perkembangan globalisai ini. Jangan sampai terjadi konflik yang hanya karena perbedaan suku dan budaya. Kita harus bisa menunjukan kepada dunia dan menjadi contoh negara-negara didunia, bahwa meskipun kita mempunyai banyak perbedaan, hal itu bukanlah suatu alasan untuk tetap hidup damai.
Membisakan bersahabat dan saling bergotong-royong saling membantu sesama teman ataupun tetangga merupakan hal kecil yang mendasar dalam kita mecapai perdamain dalam suatu negara. Sikap ini juga harus tetap kita jaga ketikaa kita nanti tinggal dilingkungan masyarakat yang berbeda suku dan budayanya.
Menjaga perdamaian antar masyarakat merupakan salah satu cara untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara. Bayangkan jika tidak ada perdamaian di Indonesia. Tentunya negara kita akan terpecah belah. Bisa jadi akan menjadi beberapa negara. Jangan sampai yang terjadi kepada Timor Leste terulang kembali di Indonesia. Itu akan menjadi hal yang menakutkan bagi perdamaian.
Persatuan dalam keberagaman juga harus dipahami dan diamalkan oleh setiap warga negara Indonesia. Agar dapat mewujudkan hal-hal sebagai berikut :
1.      Kehidupan yang serasi, selaras dan seimbang
2.      Pergaulan antar sesama yang lebih akrab
3.      Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah
4.      Pembangunan berjalan lancar
Dalam mencapai persatuan juga ada sikap yang perlu dikembangkan dalam keberagaman terbsebut, antara lain :
1.      Tidak memandang rendah suku dan budaya daerah lain
2.      Tidakk menganggap suku dan budayanya yang paling tinggi dan paling baik
3.      Menerima keberagaman suku bangsa dan budaya sebagai kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya
4.      Lebih mengutamakan kepentingan negara daripada kepentingan daerah atau suku masing-masing
Itulah sikap yang sudah semestinya kita kembangan agar perdamaian tetap terjaga. Banyak yang akan kita peroleh jika kita tetap menjaga persatuan tersebut.



Sebagai rakyat indonesia sudah semestinya kita harus merasa bangga dengan perbedaan suku dan budaya tersebut. Keberagaman suku dan budaya merupakan kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya. Kebergaman suku dan budaya juga merupakan anugerah pemberiah dari Tuhan Yang Maha Esa. Maka kita harus tetap menjaganya agar tetap utuh. Ada pepatah mengatakan “bersatu kita teguh bercera kita runtuh”. Itulah Indonesia, dengan perbedaan dan keberagaman suku budaya, akan tetapi kita tetap bisa menunjukan persatuan kita. Semoga kita tetap bersatu. Indonesia Tanah Air Beta, Jayalah Indonesiaku.

No comments:

Post a Comment