Friday, April 13, 2018

Proposal Budidaya Ternak Ayam Pedaging






Disusun oleh :
1.     Dika Aldani      (21601052066)


Program Studi Teknik Mesin
Fakultas Teknik
Universitas Islam Malang
2016/2017
Malang, 01 April 2017
Kepada Yth,
Pimpinan PT. Bank Rakyat Indonesia
Kantor Cabang Dinoyo
Di -
     Malang
Perihal : Permohonan Kredit Usaha Budidaya Ternak Ayam Pedaging
Dengan Hormat,
Bersama surat ini kami kirimkan proposal studi kelayakan bisnis dalam bidang usaha Budidaya Terbak Ayam Pedaging. Usaha Budidaya Terbak Ayam Pedaging ini merupakan usaha yang sudah satu tahun saya tekuni, tetapi saya ingin mengembangkan usaha tersebut karena mempunyai permintaan pasar yang meningkat dan kontrak penjualan yang lebih luas.
Besarnya investasi pengembangann usaha ini adalah Rp Rp 173.780.000 (seratus tujuh puluh tiga juta tujuh ratus delapan puluh ribu). Sedangkan modal kami saat ini sebesar Rp 120.000.000 (seratus dua puluh juta), maka kekurangan dana investasi sebesar Rp 53.780.000 (lima puluh tiga juta tujuh ratus delapan puluh) kami mengharapkan dapat bantuan kredit investasi dari PT. Bank Rakyat Indonesia
Bersama ini kami lampirkan
1.      Proposal
2.      Pas photo
3.      Photocopy identitas diri
4.      Photocopy kartu keluarga
5.      SIUP (Surat Izin Usaha Pengusaha)
6.      NPWP (Nomor Pokok Wajik Pajak)
7.      IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
8.      Sertifikat tanah, Hak milik – Rumah pribadi

Demikian surat permohonan ini kami buat sebagaimana mestinya, atas bantuan dan perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih
Hormat Kami,

 Dika Aldani



KATA PENGANTAR

Segala Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan Proposal Budidaya Ternak Ayam Pedaging.
Berbekal pengetahuan dan ketrampilan yang telah dimiliki serta memperhatikan permintaan daging ayam yang terus meningkat, maka penyusun mengajukan proposal usaha budidaya ternak ayam pedaging yang cukup menjanjikan.
Kami mengharapkan dukungan dan bantuan dari pihak terkait agar proposal budidaya ternak ayam pedaging ini dapat diterima. Atas perhatian dan kerjasamanya penyusun mengucapkan terimakasih



Malang, 01 April 2017
Hormat kami,



Dika Aldani

























Bab I
Pendahuluan
A.           Latar Belakang Usaha
Wirausaha merupakan salah satu usaha untuk mengatasi meningkatnya jumlah pengangguran. Selain menguntungkan dari segi ekonomi, sebagaian besar kegiatan wirausaha juga sangat membantu usaha-usaha dalam memenuhi kebutuhan masyarakat banyak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu usaha yang mudah dikembangkan yaitu pemeliharaan ayam pedaging karena banyak orang yang membutuhkannya. Untuk memenuhi kebutuhan ini banyak peternak ayam pedaging yang bersaing untuk menyuplai akan kebutuhan daging tersebut.
Faktor yang paling menentukan dalam usaha peternakan terutama peternakan ayam ada tiga hal yaitu pembibitan (breeding), makanan ternak/pakan (feeding) dan pengelolaan usaha peternakan (management). Khusus dalam penyediaan bibit ayam, peternak diusahakan untuk dapat memilih bibit yang berkuallitas. Tujuan penyediaan bibit yang berkualitas adalah agar hasil panen dapat maksimal. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan oleh peternak terutama mengenai produktifitas, kondisi dan kesehatan.
B.            Tujuan Usaha
Tujuan dari usaha peternakan ayam pedaging adalah:

1.        Dapat melakukan usaha ayam potong/pedaging dengan baik dan memberikan manfaat yang besar
2.        Dapat memasarkan daging ayam dengan baik
3.        Dapat menjaga kelangsungan usaha dan mengembangkannya
4.        Dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi tingkat pengangguran

C.            Peluang usaha
Mengapa saya memilih usaha ayam pedaging untuk menjadi usaha saya dan memilih tempat usaha disini karena diliat dari kebutuhan dan banyaknya warung makan yang membutuhkan daging ayam pedaging tersebut cukup terbuka buat saya membuat usaha ini, karena didasari juga dengan faktor atau terbatasnya orang yang membuat usaha ayam pedaging tersebut. Sehingga peluang saya untuk membuka usaha ini dan mendapatkan hasil yang besar cukup terbuka.


Bab II
Deskripsi Usaha

A.           Data Usaha

1.    Bidang Usaha          :      Peternakan
2.    Jenis Produk             :      Ayam Pedaging
3.    Alamat Usaha          :      Jl.Sumatra 2, Slorok – Garum - Blitar
4.    Nomor Telepone      :      0342 – 756383

B.            Sarana dan Prasarana

1.    Bangunan Kandang
Kontruksi kandang saat ini menggunakan balok cor ukuran 20x20 cm untuk tiang penyangga, balok kayu 10x20 cm untuk blandar, bambu untuk dinding dan alasnya, dan asbes untuk atapnya.
2.    Peralatan Penunjang
a.    Litter (alas lantai)
Alas lantai/litter harus dalam keadaan kering, maka tidak ada atap yang bocor dan air hujan tidak ada yang masuk walau angin kencang. Tebal litter setinggi 10 cm, bahan litter dipakai campuran dari kulit padi/sekam dengan sedikit kapur dan pasir secukupnya, atau hasil serutan kayu dengan panjang antara 3–5 cm untuk pengganti kulit padi/sekam.
b.    Brooder
Alat ini berbentuk bundar atau persegi empat dengan areal jangkauan 1-3 m dengan alat pemanas di tengah. Fungsinya seperti induk ayam yang menghangatkan anak ayamnya ketika baru menetas.
c.    Tempat makan dan minum
Tempat makan dan minum harus tersedia cukup, bahannya dari bambu,plastik, almunium atau apa saja yang kuat dan tidak bocor juga tidak berkarat.
d.    Alat-alat rutin
Alat-alat rutin termasuk alat kesehatan ayam, meliputi: suntikan, gunting operasi, pisau potong operasi kecil, dan lain-lain.

C.            Proses Pemeliharaan
1.    Pemilihan bibit dan calon induk
Ada beberapa pedoman teknis untuk memilih bibit DOC (Day Old Chicken) ayam umur sehari, meliput
a.    Anak ayam (DOC) berasal dari induk yang sehat
b.    Bulu tampak halus dan penuh serta baik pertumbuhannya\
c.    Tidak terdapat kecacatan pada tubuhnya
d.    Anak ayam memiliki nafsu makan yang baik
e.    Ukuran badan normal
f.     Bulu bersih dan kelihatan mengkilat,
g.    Hidung bersih
h.    Mata tajam dan bersih
i.      Lubang kotoran (anus) bersih
2.    Pemeliharaan
a.    Pemberian pakan
Untuk pemberian pakan dan minum ayam ras broiler ada 2 fase, yaitu fase starter dimulai umur 0-4 minggu dan fase finisher umur 4-6 minggu. Pada usia 0-4 minggu diberi pakan BR1 dan paada usia 5-6 minggu di beri pakan BR2, biaya pakan dari bibit sampai panen setiap ekor menghabiskan dana sebesar Rp 15.000
b.    Tabel pemberian minum
Fase Starter
Umur 1-7 hari
1,8 lt/hari/100 ekor
Umur 8-14 hari
3,1 lt/hari/100 ekor
Umur 15-21 hari
4,5 lt/hari/100 ekor
Umur 22-29 hari
7,7 lt/hari/100 ekor
Fase Finisher
Umur 30-36 hari
9,5 lt/hari/ 100 ekor
Umur 37-43 hari
10 lt/hari/100 ekor

Jadi jumlah air minum yang dibutuhkan tiap 100 ekor pada fase starter adalah 122,6 liter. Pada fase starter pemberian air minum hendaknya diberi tambahan gula dan obat stress kedalam air minumnya, pemberian air gula diberikan 5x dari awal hingga tahap panen
c.    Pemeliharaan kandang
Kebersihan lingkungan kandang (sanitasi) pada areal peternakan merupakan usaha pencegahan penyakit yang paling murah, hanya dibutuhkan tenaga yang ulet/terampil saja. Tindakan preventif dengan memberikan vaksin pada ternak dengan merek dan dosis sesuai catatan pada label yang dari poultry shoup. Agar bangunan kandang dapat berguna secara efektif, maka bangunan kandang perlu dipelihara secara baik yaitu kandang selalu dibersihkan dan dijaga/dicek apabila ada bagian yang rusak supaya segera disulam/diperbaiki kembali. Dengan demikian daya guna kandang bisa maksimal tanpa mengurangi persyaratan kandang bagi ternak yang dipelihara.







































Bab III
Modal dan Pemasaran
A.       Permodalan

Untuk sistem permodalan kami menggunakan dua cara yaitu yang pertama adalah modal pribadi dan yang kedua adalah modal pinjaman. Modal pribadi kami adalah Rp 120.000.000 (seratus dua puluh juta rupiah). Untuk kekurangan modal kami memerlukan investasi dengan melalui proposal yang kami ajukan ini.
B.       Target produk

Produk yang akan dihasilkan adalah berupa daging dengan ukuran 1,6-2 kg/ekor dalam jangka waktu 2 bulan perperiode. Dengan mortalitas sebesar  5% dari jumlah ayam total setelah kandang baru jadi adalah 8000 ekor.

C.     Target konsumen

Konsumen yang ditargetkan adalah pasar,rumah makan,masyarakat sekitar,dan pabrik-pakbrik pengolahan daging seperti: nuget,sosis,kornet,dll.

Analisis Usaha
a.    Biaya Investasi
No
Uraian
Ukuran
Jumlah
Harga (Rp)
1
Pembuatan kandang baru
10x40 m2
1 buah
Rp45.000.000
2
Peralatan makan dan minum

1 Paket (91 buah)
Rp2.730.000
3
Pemanas semawar

5 buah
Rp1.050.000
4
Perlengkapan kandang lainnya


Rp5.000.000

Total
Rp53.780.000

b.    Biaya operasional
Untuk biaya operasional kami menggunakan modal pribadi kami sendiri seperti yang telah dicantumkan diatas yaitu sebesar Rp 120.000.000 (seratus dua puluh juta rupiah). Biaya operasional digunakan ketika kebutuhan-kebutuhan yang tidak pasti yang tidak dapat diperhitungkan kepastian nilainya seperti pakan ayam, gaji, gas elpiji, dan penunjang ainnya.


Analisis Hasil Usaha
a.    Penjualan Ayam
Tingkat mortalitas 2 %  =  x  8.000 ekor
 =  160 ekor

Jumlah Penjualan           =  1,6 kg x (8.000 - 160 ekor) x Rp. 15.000,00
                                                 =  Rp 188.160.000/periode
                                                                                   
b.   Penjualan Karung Ransum
Selama 1 periode menghabiskan 300 karung pakan. Harga 1 karung Rp. 1.500,00, maka

300 karung = 300 x Rp. 1.500,00
= Rp 450.000

c.       Pendapatan
Pendapatan 1 periode  = Rp 188.160.000 + Rp 450.000
                                                = Rp 190.410.000 /periode




d.      Total Profit
Total Profit = Total Pendapatan – Total Biaya                                                                                   = Rp 190.410.000 – (Rp 53.780.000 + Rp 120.000.000)
                                    = Rp 16.630.000 /periode

e.       Pay Back Period (2 bulan)
Pay back periode  =

       =
                                           = 6,2 bulan






Bab IV
Penutup

Demikian proposal ini kami ajukan, semoga dapat memberikan gambaran yang jelas tentang usaha peternakan ayam kampung pedaging ini. Kami ucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungannya baik moral maupun materiil dengan harapan semoga usaha ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta berkelanjutan untuk kedepannya.

No comments:

Post a Comment