Sunday, July 9, 2017

Toleransi antar Umat Beragama

                      
Sebenarnya apa itu Toleransi? Apa manfaat dan kegunaan kita bertoleransi. Dan apa kerugian jika kita tidak bertoleransi. Toleransi merupakan sikap saling menghargai dan menghormati. Toleransi mempunyai banyak aspek yang mencangkup kehidupan masyarakat.
Secara umum toleransi mencangkup banyak hal. Toleransi dapat mencangkup kehidupan suatu wilayah tertentu dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, agama, dan hukum yang terdapat dalam suatu wilayah atau negara tertentu.
Mengapa kita harus saling bertoleransi? Itu karena kita semua menginginkan kedamaian. Kedamaian itu akan ada jika kita mau menerima perbedaan tersebut. Itulah salah satu pentingnya toleransi dalam suatu negara tersebut.
Lantas toleransi dalam hal apa yang paling penting itu? Toleransi dalam beragama  merupakan salah satu toleransi yang sangat penting dalam kehidupan bernegara. Karena setiap negara mempunyai perbedaan dalam beragama tersebut. Sudah tentunya dalam satu negara mempunyai beberapa pemeluk agama yang berbeda. Dan perbedaan agama memang suatu persoalan yang tidak bisa dianggap enteng, karena itu menyangkut keyakinan seorang individu.
Indonesia merupakan Negara yang mempunyai keberagaman agama. Perbedaan agama bukanlah alasan bagi kita semua untuk tidak menghormati perbedaan agama tersebut.. Perbedaan bukan juga alasan bagi kita untuk saling membantu.
Sesama manusia memanglah kita sangat membutuhkan orang lain. Tidak ada manusia yang bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu kita harus menjaga hubungan antar sesama dengan baik, khususnya perbedaan agama ini. Karena perbedaan agama ini dapat menjadi suatu kekacauan jika kita tidak bisa bertoleransi.
Didalam agama Islam, sikap toleransi juga diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sejarahnya. Tidak hanya agama islam saja yang mengajarkan sikap toleransi, tetapi semua agama juga mengajarkan toleransi. Agama sendiri juga mempunyai peran yang sangat penting dalam menjunjung tinggi sikap toleransi antar sesama pemeluk agama lain.
Di Indonesia terdapat 6 agama yang diakui oleh negara, antara lain, Islam, Katholik, Kristen, Hindu, Budha dan Kong Huchu. Persolan keyakinan adalah sudah menjadi hak individu sendiri. Maka tidak boleh bagi suatu pemeluk agama memaksa kehendak pemeluk agama lain untuk mengikuti agamanya.
Didalam kehidupan bermasyarakat toleransi beragama dapat dibuktikan dengan perilaku atau sikap menghargai dan tidak mengganggu jika ada agama lain yang sedang beribadah. Sebagai contoh didesa saya ada yang beragama islam dan ada juga yang beragama nasrani, ketika orang-orang islam sedang melaksanakan sholat mereka orang yang beragama nasrani tidak mengganggu sholat orang islam dimasjid. Dan ketika orang-orang nasrani beribadah digereja, orang-orang islam juga tidak mengganggu orang-orang nasrani yang sedang beribadah digereja.
Banyak sekali manfaat yang akan kita peroleh dari sikap toleransi tersebut. Diantaranya akan membangun rasa ketentraman dan kenyamanan sesama umat beragama, mempererat tali persaudaraan, menumbuhkan kesejahteraan dalam kehidupan sosial masyarakat, terciptanya kedamaian dalam bernegara.
Bagaimana jika kita sesama umat bergama tidak bisa bertoleransi? Pastinya akan banyak kerusakan yang akan terjadi. Misalnya saja ditimur tengah yang sekarang banyak terjdi peperangan antar saudara yang beragama. Negara Israel yang menyerang negara Palestina. Negara Israel yang tidak mau bertoleransi dengan umat islam di Palesina, hingga tejadi peperangan yang sampai sekarang belum berakhir.

Memang banyak sekali dampak yang akan terjadi jika tidak ada sikap toleransi dalam suatu negara tersebut, diantaranya tidak akan ada kedamaian dalam bernegara, kerusuhan dimana-mana, banyak kerugian harta maupun nyawa, damapk sosial politik dan kehancuran agama tersebut. 

No comments:

Post a Comment